Edisi Ramadhan 26: Sudahkah Kenal Dengan Dirimu?

“Barang siapa mengenal dirinya maka ia akan kenal Tuhannya”

Baiklah di akhir Ramadhan ini kita sama-sama merenung. Sudahkah kita mengenal diri kita masing-masing? Meneliti apa saja kekuatan dan kelemahan diri kita? Sesungguhnya mengenal diri itu penting sekali. Dengannya kita bisa tahu rambu-rambu bagi diri kita dalam berlaku di dunia ini.


Dengan mengenal diri kita tahu apa saja yang ada di setiap relung terdalam hati kita. Menelusuri lebih jauh dan merenungi lebih dalam. Kita tahu apa saja yang terlintas di pikiran-pikiran kita. Apakah itu lintasan pikiran yang baik maupun yang buruk. Dengan mengenal diri kita tahu bagaimana dan apa saja batasan-batasan yang perlu dilakukan pada diri kita. Apa maunya dan apa yang menyebabkan dia jatuh ke lubang kehidupan.

Dengan mengenal diri maka kita tidak akan ikut-ikutan saja dengan apapun yang terjadi di sekitar kita, kita tahu “AMBAK” apa manfaatnya bagiku?? Kita tidak akan terpengaruh dan akhirnya jatuh menjadi pribadi pengikut dan tak mempunyai citra diri yang baik.

Terkadang mengenal diri membutuhkan kejujuran dari diri tentang apa yang kita rasa boleh dan tidak boleh kita lakukan, dengan berdasarkan juga pada hukum-hukum agama, namun dengan menyadari dari diri sendiri akan lebih mudah merefleksikan semua aturan itu pada diri kita. Mungkin kita tahu diri kita mudah terpengaruh hal-hal yang sebenarnya tak perlu dilakukan maka dengan menyadari dari diri sendiri kita akan sadar ya saya otangnya mudah terpengaruh maka mawas dirilah pada hal-hal yang menjurus ke ikut-ikutan. Itu salah satu contohnya. Yang pasti semua kembali ke diri kita sendiri..karena hanya kita yang benar-benar tahu diri kita sendiri…^^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: