Edisi Ramadhan 18: Resep Masakan Daging Asam Padeh, Mauuu!!!

Jadi ceritanya kemarin ketika hari kemerdekaan sedang diteriak-teriakkan oleh segenap bangsa Indonesia keluarga besar  mama Saya mengadakan buka puasa bersama. Kami berkumpul semua di rumah nenek. Nenek ini adalah adik nenek Saya karena nenek Saya sudah almarhumah. Di saat buka puasa bersama itulah adik nenek Saya ini yang Saya panggil Mauta memasak daging asam padeh yang enaaaakkk banget,,sampai Saya meminta resepnya untuk Saya coba buat di rumah pada weekend nanti (Saya itu suka masak Sabtu Minggu aja…*itu juga harus berusaha dengan susah payah membangkitkannya yang suka tenggelam ketika tak punya asisten).

Dan yang unik Saya minta resep bumbu halus, biar gampang beli di pasar tapi takeran tetap dari Saya, maklum anak-anak suka bawa-bawa bawang merah dan kawan-kawan ke bawah meja makan kalo Saya lagi ngulek…seperti ini resep daging asam padeh nya:

Bahan:
Daging Sengkel 1/2 kg
Bawang merah alus Rp1000
Bawang putih alus Rp1000
Kunyit alus Rp500
Kemiri alus Rp1000
Cabe giling 2 ons
Daun serai 3 tangkai
Daun jeruk 5 lembar
Lengkuas sebesar jempol
Asam kandis Rp500
Air secukupnya

Cara buat:
Bumbu alus ditumis sampai harum dan berubah warna, lalu masukkan daging dan bumbu lainnya. Aduk-aduk sampai setengah matang, lalu masukkan air secukupnya. Masak terus sampai mengental.

Nah seperti itu cara membuatnya mudah bukan?? Cara simpel ya beli bumbu alus di pasar seperti itu. Tinggal yang kasih resep yang bingung karena yang minta resep maunya bumbu alus.hihi…

Asam padeh ini enak dimakan jika sudah didiamkan seharian, lebih menyerap bumbunya…selamat mencoba…^^

7 comments
  1. mauna said:

    mirip dengan daging rendang ya mbaak… hmm jd pengen nih masak rendang. tak simpen ya mbak resepnya… . harus dicoba. πŸ™‚

  2. Monda said:

    Bawang alus Seribu di pasar mbak putri sama banyak dengan di tempatku nggak ya.. he..he..

  3. @zizydmk said:

    Yang padeh-padeh itu rasanya segar karena ada asam dan pedesnya….Sedap bener kayaknya.. πŸ™‚

  4. Orin said:

    trauma beli bumbu alus gitu Pu, ga enak, oknum pedagang bumbu alus keknya 😦

  5. entik said:

    pengen nyoba masakan matengnya ajah.. (hihi alesan males masak..)

  6. Lidya said:

    aku belum pernah makan mbak, jadi kalau mau buat takut salah rasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: