Cinta Tak Berbatas

Ka’bah dengan segala lingkungannya selalu membuatku rindu, hingga hari ini hari ke 8 sejak kepulanganku…masih ingat saat-saat berada di sana, dimana adzan adalah saat-saat terindah dimana umat berduyun-duyun memasuki masjidil haram, indah sekali…
Berada di Makkah berarti berada di tempat perjuangan Nabi Ibrahim perjuangannya menempuh jarak jauh dan meninggalkan istri dan anaknya, Hajar dan Ismail..di kawasan padang pasir luas,,,ketika dulu belajar sejarah Islam kita tahu Hajar dan Ismail ditinggalkan di dekat ka’bah…tapi setelah kulihat shafa dan marwa dengan sumber mata air zamzam itu tidak dekat…bisa sekitar 10 meter kali ya….dari sini ke sana istilahnya…jauh untuk jarak meninggalkan bayi sendirian…diamana ibundanya mencari air…berlari dari bukit shafa ke marwa…(aku saja tidak berlari-lari sudah kelelahan) 7 kali bulak balik…dan bukit shafa itu tinggi dan merayap di atasnya butuh perjuangan karena berkountur…yang sekarang aja udah di semen jadi nyaman..lah jaman dulu bagaimana…panas terik pula..ga kebayang deh…
Begitupun dengan Rasullullah Muhammad SAW, dimana ketika beliau menerima wahyu kan di Jabal Nur…itu adalah gunung…bepadang pasir, belum ada bangunan seperti sekarang…rumah Rasullullah itu di depan Masjidil Haram…sedangkan Jabal Nur kira-kira 6 kilo an jaraknya dari rumah Rasullullah..pake bus sekitar 30 menit…jalan kaki????maybe 2 jam…dalam kondisi di dalam gua yang sempit..aku aja cuma foto di depan gua, karena emang ga diajak masuk ke dalam ama travel…kalo kata nenekku merayap untuk mencapai batu dimana Rasullullah duduk menerima wahyu pertama…IQRO dari malaikat Jibril….aku aja merayap pelan di pasir-pasir yang agak nanjak udah suka kepleset…lah ini merayap di gunung berpasir sendirian pula dan berlangsung beberapa pekan…Khadijah pun setia mengantarakan makanan untuk Rasullullah ke tempat tersebut…siang dan malam,,,,itu jauhhhhh…..Dalam keadaan Rasul takut setelah menerima wahyu dia Rasul berlarian pulang ke rumah lalu diselimuti Khadijah itu jauhhhh…..kita aja kalo ketakutan pengennya cepet sampe kan…lah ini harus berkilo-kilo dulu mengalami ketakutan setelah menerima wahyu tersebut…lalu Khadijah dengan tegar meyakinkan Rasullullah bahwa yang diterima itu wahyu….sungguh sebuah pengorbanan dan cinta tak berbatas dari Rasullullah…pengorbanan yang tak berbatas…tak bersyarat….aku merinding membayangkan itu semua sampai sekarang…sudah dimana balasan kita atas pengorbanan Rasullullah..sudahkah kita bersahadat padanya…????

Amazing Masjidil Haram di waktu malam dengan jam waktu sholat tertinggi di dunia…sebuah pemandangan menakjubkan di antara suasana religius kota Makkah…ini foto diambil setelah sholat isya…laki-dan perempuan keluar masjid,,,(sebenarnya aku lebih punya banyak video…merekam suasana). Sholat di Masjidil Haram membuatku rindu ingin kembali…
Suasana Masjidil Haram di depan ka’bah…Amazing…baribu manusia..ini kuambil gambar dini hari loh..tapi manusia yang thawaf selalu ada…jika tak ada satu orang pun manusia thawaf di ka’bah tandanya itu sudah mau kiamat jadi memang sampai nanti kiamat ka’bah tak kan sepi dari umat yang berthawaf mengelilinginya…The City Can Not Sleep….sure…tak ada kata tidur untuk Masjidil Haram….setiap orang sudah selesai berthawaf makanya yang masuk thawaf selalu ada…itulah mengapa sudut antara hajar aswad dan pintu ka’bah selalu sesak oleh umat baik yang akan masuk untuk thawaf maupun yang akan keluar dari lingkaran thawaf..selalu padat disitu…Amazing…
Aku dan ibu mertua berfoto di kebun kurma…makanan lezat yang disuka …manis rasanya dan menyehatkan….kurma bisa menguatkan rahim ibu hamil dan menambah kekuatan ketika akan melahirkan…kurma muda bermanfaat untuk mereka yang mendamba kesuburan untuk mendapatkan anak….^^kurma pohon yang bisa hidup di padang pasir ….konon makkah itu tak memiliki air hanya ada zamzam..selain itu keran-keran diisi tanki yang mengambil air dari laut…subhanallah zamzam….adalah mukjizat yang ada dan mengalir sampai kini dan seterusnya…
 
ini fotoku di depan jabal nur….lihat itu padang pasir dengan gunung berpasir dan Rasullullah mendapatkan wahyu IQRO di dalamnya….lanjut ke bawah…
ini rumah Rasullullah…..tempat Rasullullah tinggal bersama Khadijah…ada di depan masjidil Haram….berjarak 6 kiloan kurang lebih dari jabal nur di atas….
jam waktu sholat tertinggi di dunia…dengan bigben tinggian mana yaaa..???
Ini fotoku dengan Kak Kiky istri kakak iparku…di jabal rahmah..banyak orang berdoa mendapat jodoh di tempat ini,,,,ini adalah tempat dimana Nabi Adam dan Hawa bertemu setelah berpisah selama ratusan tahun…jadi Nabi Adam diturunkan ke bumi oleh Allah di Srilanka sedangkan Hawa di kota Jeddah…jauh bangetttt kaaaannn….dan bertemu di sini…itu tuh di monumen putih di atas jabal rahmah…romantis ya..kebayang deh ratusan tahun ga ketemu pasangan….
narsis dikit pake kacamata item yeee….di Dubai nih salah satu hotel di sana…..
kalo ini foto di laut merah tempat Nabi Musa di kejar-kejar tentara Firaun…lalu firaun mati di dalamnya….
rombongan kami berfoto di medan magnet….itu beneran deh..bus kami bisa berjalan sendiri tanpa lepas kemudi tentu saja…sempet deg-deg an….
Aku ingin kembali…cintaku tak berbatas…aku ingin belajar akan perjuanganmu ya Rasullullah, Ya Nabi Ibrahim, Nabi Adam, Nabi Musa, Hawa, Hajar,,,dan Nabi Ismail….berkat pengorbanan kalian kami bisa merasakan kenikmatan dalam iman…tak berbalas segala perjuangan …. padang pasir tak mengalahkan dan menyurutkan perjuangan kalian menempuh jalan Illahi…peletak batu pertaman keimanan…bagi seluruh umat manusia…
Ya Nabi Salam alaika..
Ya Rasul Salam alaika…
Ya Habib Salam alaika…
Sholawatullah alaika…
Rasullullah itu masih hidup di alamnya sendiri saat ini..hingga ia mendengar setiap sholawat kita..maka seringlah bersholawat padanya..mengharap berkah dari syafaat Rasullullah….
Perjuangan mu ya Rasul tak berbalas….

Iklan
5 comments
  1. alhamdulillah..henny ikut senang saat dengar kabar mbak puteri mau melaksanakan ibadah umroh. semoga henny juga diberikan kesempatan untuk datang kesana

  2. lidya said:

    Senang sekali mambaca liputannya, jadi ingin lekas kesana

  3. Baru pulang Umroh ya Mbak, Insya Allah bisa kembali kesana lagi ya.

  4. Mbak putri, ya allah tambah rindu masjidil haram dan juga Madinah..dulu 2004-2006 belum dibangun jam penunjuk sholat yang tertinggi itu..jadi pingin lihat, Jadi kangen juga suasana pagi di masjidil haram didepannya waktu itu banyak sekali burung burung dara yang beterbangan dan berebut makanan di depan masjidil haram, menyambut pagi yang cerah…Mana photo saat di masjid Quba mbak???, aku ingat saat kesana pertama kali waktu itu…saat sujud dalam sholatku..menangis tersedu sedu..masjid itu terasa sejuk …Ke masjid terapung yang di Jeddah juga yah mbak?? Ya allah kapan aku bisa kesana lagi…(*semoga ya allah, engkau berikan rizkimu sehingga aku dan suami dan juga keluarga bisa menginjakkan tanah suci kembali untuk beribadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: