Akibat Malas Minum Air Putih

Air putih..
hanya air biasa yang tak berwarna, tak berasa namun segar luar biasa jika kita meminumnya. Air yang dulu tak kusuka, apalagi jika harus meminumnya 8 gelas sehari. Bisa mual-mual. Bahkan terkadang untuk minum air, aku harus minum air putih dengan gula, bayangkan air putih pake gula dan itu bukan 8 gelas sehari pula, paling bagus 5 gelas kuminum air putih. Kebiasaan tersebut ternyata berdampak buruk, aku jadi sulit buang air kecil yang disingkat BAK yang istilah merakyatnya anyang-anyangan. Begini ceritanya…
Pada waktu itu aku masih SMP, dengan kebiasaan malas minum air putih. Anak SMP yang masih banyak aktivitasnya, tapi malas minum air putih maka AKU PUN SAKIT SULIT BAK. Anyang-anyangan yang ga enak banget rasanya. Bayangkan kita seperti ingin buang air kecil, tapi ternyata itu hanya rasanya saja pada kenyataannya tidak ada yang dibuang. Huuuhhh..rasanya,,,rruaarr biasa ga enaknya, ga betah, bete, ga enak banget dehhh…
Lalu aku pun pergi ke dokter, dr. Lili namanya. Setelah ditanya ini itu, bahwa aku malas minum air putih akhirnya aku pun dianjurkan untuk bisa minum air putih minimal 8 gelas per hari. Ternyata aku terkena infeksi aluran kemih. Saluran kemihnya ada semacam pasir, tapi bukan pasir bangunan yah…istilahnya saja. Pasir-pasir tersebut mengakibatkan seperti mampet di salurannya, jadi yang dirasakan oleh orang yang menderitanya adalah perasaan ingin buang air kecil tapi tidak keluar. Penyakit tersebut bisa diobati dengan kita rajin minum air putih minimal 8 gelas per hari sehingga akan terdorong pasir-pasir tadi. Selain karena sudah infeksi, diberi juga obat lain.
Sejak saat itu aku jadi rajin minum air putih, dan hal tersebut bermanfaat sekali. Jadi tidak pernah sakit akibat sulit BAK lagi.
Pengalamanku tersebut yang akhirnya membuatku mau minum air putih minimal 8 gelas sehari ternyata bermanfaat sekali ketika aku sekarang sudah menjadi ibu menyusui. Konon untuk memperbanyak asi adalah dengan banyak minum air putih minimal 2L sehari. Karena aku sudah terbiasa minum air putih sehingga syarat memperbanyak asi tersebut menjadi mudah kujalani.
Ketika teman kantor ku mengalami sakit yang sama, aku pun bisa menganjurkan agar dia mau minum air putih 8 gelas sehari. Pekerjaan kantor yang menumpuk seringkali membuat kita malas minum air putih. Malas bolak balik ke pantry atau ke dispenser air mineral. Temanku itu bahkan sampai merasakan sakit di pinggang. Aku pun menemani dia ke dokter klinik di kantor. Berdasarkan penjelasan dokter kantor penyakit infeksi saluran kencing tersebut awalnya memang penyakit biasa saja, hanya berasa anyang-anyangan begitu. Tapi, jika sudah semakin parah bisa menyebabkan sakit di pinggang. Saluran kemih wanita itu dekat dengan rahim sehingga jika infeksi itu menjadi semakin parah bisa saja rahim kita akan tertular juga dengan infeksi infeksi saluran kemih. Menyeramkan sekali ya. Padahal penyebabnya sepele, akibat malas minum air putih. Sejak saat itu temanku itu pun mau minum air putih minimal 8 gelas sehari.
Oleh karena itu, Ayo kita minum air putih minimal 8 gelas sehari!!!
Artikel ini diikutsertakan dalam kontes aku ingin sehat KakaAkin.

http://www5.shoutmix.com/?puteriamirillis
ShoutMix chat widget

6 comments
  1. Kakaakin said:

    Kalo lagi anyeng2an itu sakit nggak enak banget ya… :)Terima kasih atas partisipasi sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat 🙂

  2. mauna said:

    bener banget mbak, kebetulan ada 2 org terdekatku yg kena infeksi saluran kemih juga…. karena kurang minum air… so mari banyak2 minum air putih, apalagi yang kerjaannya lebih banyak duduk… 😀

  3. nh18 said:

    Benar sekali …Minum air putih itu ibarat … menguras bak kamar mandi …Bak Kamar Mandi itu harus selalu sering di kuras … dibersihkan … agar tidak terjadi endapan-endapan kotoran …demikian juga dengan tubuh manusia …Biarlah sering ke belakang … tidak apa-apa … yang penting sehat …Ingat filosofi Bak Mandi …:)Salam saya Bu

  4. Selamat siang …wah bahaya juga yah kalau kekurangan air putih …terimakasih atas share ceritanya …

  5. Haqqi said:

    IYa, bahaya banget loh kalo kurang minum air putih.. minuman paling segar itu air putih di kulkas rumah. .selain itu, air putih akan terasa biasa.. hehe..

  6. monda said:

    Sudah dicek artikelnya mbak. Terima kasih partisipasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: