Pembantu Rumah Tangga

Pernahkah kamu memiliki seorang PRT, alias Pembantu Rumah Tangga??
Sebagai seorang ibu rumah tangga yang juga bekerja tentu saja saya butuh dengan PRT, ditambah dengan anak-anak saya yang masih kecil-kecil. Suatu saat jika anak saya sudah SD dan bisa lebih mandiri saya akan meniadakan adanya PRT di rumah.Saya biasa mendapatkan seorang PRT dari teman, tetangga, saudara, atau dari penyalur PRT tidak resmi alias bukan penyalur dalam bentuk yayasana, CV, dsb (hanya seorang Bapak atau ibu yang menyalurkan). Nah apabila kita memakai jasa orang yang terakhir akan bisa dipastikan mereka meminta bayaran. Selama ini besar nya dana yang diminta beragam bisa 250 ribu, 300 ribu sampai 400 ribu per PRT. Besar memang…>'<
Namun pernahkah juga kau merasa (haha kaya lagu jadinya…^^)
kok saya rugi yaa??? telah memberi uang ke penyalur tersebut tapi PRT yang diberi bermasalah,,,
Permasalahannya sebagai berikut:
  1. PRT tersebut ternyata belum pengalaman (ga bisa masak, ga bisa urus anak, masih pelanga pelongo dengan alat rumah tangga, dsb);
  2. PRT tersebut ternyata sedang hamil (bisa jadi pula hamil luar nikah), dan dia tidak bisa kerja maksimal;
  3. PRT tersebut ternyata disuru ama yang nyalur setelah 2 bulan pulang aja (biasanya ini taktik agar penyalur bisa tempati dia di tempat lain, dan tentu saja dia dapat uang lagi dong);
  4. PRT tersebut pura-pura mau kawin, atau disuru ortu pulang, atao ada kluarga mau nikah dia disuru ongkosin…);
  5. PRT tersebut bermasalah, kaya suka pacaran (bahkan masukin ke dalam rumah ketika kita tak ada), suka pake telepon rumah;dll. 
Nah itu tuh masalahnya…
Dari sekian masalah itu padahal si majikan sudah buaeeekk banget…^^, walo ada sebagian tipe majikan yang mang ketus bin kasar…^^
Solusinya gimana yaaa…(urutin dari masalahnya ya..):
  1. Kalo PRT nya belum pengalaman, yah diajarin … bahkan ini sebenarnya ritual wajib punya PRT baru di awal mereka kerja loh,,,ajari semuanya, termasuk selera makan kita (bagi yg sudah bisa masak), dimana cari ini itu, pembagian kerja (bagi PRT lebih dari satu), kapan-kapan waktu kerja ini itu, kapan istirahat, dsb,,semuanya deh yang biasa kita kerjain di rumah itu dijelasin ke dia,,tapi jelasinnya ya sesuai kapasitas mereka juga jangan mborong..bisa keder ntar,,,(bagi yang ibu bekerja bisa juga ambil cuti 3 hari an untuk ngajarin PRT baru), karena kalo dilepas dari awal mereka tak akan tahu maunya kita bagaimana kaaaannn???. 
  2. Kalo PRT sedang hamil, telpon aja lagi si penyalur minta ganti,,karena orang hamil kok disuru kerja rumah tangga, saya sih ga tega,,,dan biasanya PRT hamil akan lebih mudah lelah, walhasil kerjaannya ga beres sempurna…
  3. Kalo setelah 2 bulan pulang gitu itu sudah lagu lama, makanya dari awal habis bulan pertama kita bilang, gaji kamu kan misal 400 ribu, nah yang 300 saya tabungin ya,,yang 100 ribu kamu pegang tiap bulan. Gapapa kok cara begini..selain biar mereka hemat, juga semua kebutuhan mereka termasuk sabun, pembalut, makan, dsb sudah kita tanggung, bahkan kadang majikan suka kasi lagi per minggu uang jajan..(ini penting supaya mereka ga gampang minta pulang). Kalo mereka minta pulang pas 2 bulan jangan bolehin,,,terus terang aja kitanya,,,kamu disuru penyalur yaa??kalo mereka gelagapan itu tandanya iya,,,abis itu jelasin k mereka, bicara hati ke hati,,,intinya jangan mau dijadiin mesin uang si penyalur,,,
  4. Kalo PRT pura-pura mau kawin, disuru ortu pulang, dsb…ya udah kasi aja mereka pulang 2 minggu an aja..dan kasi uangnya separo aja,,supaya mereka balik lagi. Kalo emang mereka jujur akan mau aja kok,,,tapi kalo pura2 dan sebenarnya atas suruhan penyalur akan keliatan sendiri…mereka akan batalin kepulangannya…intinya kalo ga butuh2 amat pulang ngapain pulang kannn???
  5. PRT bermasalah harus diingetin, kalo g mau perbaiki diri maka itu warning bagi kita…siap2 cari pembantu lagi,,,dan memang dari awal kita harus punya mata hati menilai mana PRT yang baik dan yang tidak baikkk,,,semoga tak salah pilih yaaa…
Selain itu kita harus jadi majikan yang baik dan mengerti,,,bisa membaca pikiran mereka, tahu kebutuhan mereka, dan kalo bisa membuat mereka lebih pintar dari sebelumnya… 

yah itu hanya sekedar share pengalaman aja semoga bermanfaat…^^
<p><p><p><a href=”http://www5.shoutmix.com/?puteriamirillis”>View shoutbox</a> </p></p></p>
ShoutMix chat widget

4 comments
  1. niQue said:

    ah cerita soal ini saya rasa akan sama dialami oleh banyak ibu di Indonesia Raya ini. apalagi kalau lagi diuji sabarnya, mau sebaik apapun, tetep aja PRT nya ngelunjak bin ga betah 😦

  2. Informasi baru nih, maklum gak pernah menggunakan jasa PRT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: