Amankanlah Keluarga Anda Dalam Berkendara

Di Jaman yang sudah semakin modern kebutuhan akan kendaraan sudah seperti kebutuhan akan makan. Tak soal apakah itu kendaraan pribadi ataupun  kendaraan umum. Untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain yang menempuh jarak lebih dari 2 kilo rasanya kita akan berpikir untuk menggunakan kendaraan , ditambah mobilitas kita yang tinggi untuk pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat. Saya pribadi adalah seorang yang sangat membutuhkan kendaraan untuk berangkat kerja, ke pasar, mengunjungi rumah orangtua, dan aktivitas-aktivitas lainnya. Jarang sekali saya berjalan kaki, kecuali jika memang lokasi yang dituju dekat dan tidak membutuhkan waktu cepat untuk sampai ke suatu tempat.
Sebagai seorang Ibu dari 2 orang anak, Umar dan Azkiya, tentu saja ada saatnya saya harus membawa serta mereka ke suatu tempat, dengan Abi nya anak-anak juga tentu saja. Tempat yang sering dikunjungi adalah rumah orangtua saya dan suami, tempat rekreasi, dan pusat perbelanjaan. Terkadang kami menggunakan  kendaraan umum, terkadang juga menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil untuk pergi ke suatu tempat tersebut.
Sebagai  kendaraan yang digunakan banyak orang sebenarnya  kendaraan umum nyaman-nyaman saja digunakan asalkan supir bus harus mengikuti kaidah-kaidah lalu lintas dan safety riding dalam berkendara, namun hal tersebut sangat jarang ditemukan pada  kendaraan umum di kota-kota besar seperti DKI Jakarta. Selalu saya melihat metromini saling menyalip, mikrolet yang menurunkan penumpang di sembarang tempat dan tidak melihat apakah penumpang sudah turun sempurna atau belum, bus besar yang kebut-kebutan, dan lain sebagainya. Saya pribadi pernah membawa Umar (anak saya yang ketika itu masih berusia 21 bulan) ke pusat perbelanjaan, ketika turun dari mikrolet si supir tidak melihat kalau Umar belum turun sempurna dari mikrolet dengan kondisi saya yang sedang hamil besar sehingga hampir saja kami terjatuh. Alhamdullillah hal itu tidak terjadi.

Kecelakaan lalu-lintas sering terjadi di  kendaraan umum, misalnya bagi penumpang bus besar yang berdiri dan sulit untuk pegangan karena kondisi bus yang sudah penuh penumpang, ketika supir mengerem mendadak penumpang tersebut kehilangan kontrol diri sehingga ia pun terjatuh dan menimpa penumpang lain di depannya dan terjadilah jatuh berderet di bus kota yang apabila hal itu terjadi akan menjadi bumerang bagi penumpang yang berdiri di dekat pintu masuk karena bisa dipastikan penumpang tersebut akan terjatuh ke luar bus. Karena itu agak ngeri juga jika membawa anak dalam kondisi bus yang sesak penumpang, sangat tidak aman.

Kendaraan pribadi yang sering kami gunakan adalah motor, motor bebek tepatnya. Yang utama dalam berkendara motor adalah menggunakan helm, baik itu untuk orang dewasa maupun bagi anak-anak. Helm menjaga kepala kita dari benturan keras ketika kecelakaan lalu-lintas yang tentu saja sangat tidak kita harpkan terjadi. Kaidah safety riding tetap harus kita gunakan walaupun motornya motor pribadi, jangan karena kepunyaan pribadi maka kaidah-kaidah keamanan berkendara tidak diperhatikan. Berkendara yang aman, tidak kebut-kebutan juga harus dijalankan. Alhamdullillah suami saya termasuk kalem dalam berkendara alias tidak kebut-kebutan. Seringkali kita dapati dari media, terjadi tabrakan antar pengendara motor atau motor dengan mobil, atau mobil dengan mobil, karena apa?? ya, karena kebut-kebutan. Seakan kalo kebut-kebutan akan terlihat keren, jago nyetir, dan lain-lain. Yang disayangkan apabila ketika kebut-kebutan tersebut ada orang lagi menyebrang jalan, atau anak-anak lagi lari-lari mengejar layangan,dan terjadilah kecelakaan lalu-lintas yang sangat tidak kita harapkan.

Saya pribadi berharap agar  kendaraan umum dan  kendaraan pribadi dapat menerapkan safety riding dengan sebaik-baikny agar kecelakaan lalu-lintas dapat diminimalisir. Bagi keluarga-keluarga hendaknya senantiasa mengingatkan anggota keluarganya agar selalu aman dalam berkendara, senantiasa saling menasehati apabila ada anggota keluarga yang kebut-kebutan, atau tidak mengenakan helm dalam bersepedamotor. Bagi Asosiasi  kendaraan Umum juga hendaknya mengingatkan selalu para supir kendaraan umum untuk berkendara dengan aman, kenakan sanksi yang akhirnya dapat memberhentikan supir yang ugal-ugalan dalam berkendara.

Sebagai Bloger, saya  ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh DBlogger juga dalam rangka mengkampanyekan safety riding dan ikut mencurahkan isi hati saya dan keprihatinan saya melihat kondisi berkendara masyarakat Ibukota yang semakin tidak tertib.

http://www5.shoutmix.com/?puteriamirillis
ShoutMix chat widget

28 comments
  1. Alhamdulillah di Balikpapan baik-baik, cuman yg di Samarinda udah rada ugalugalan.Sukses ya buat kontesnya…My last blog Bermain Cilukba

  2. heri said:

    ah sama aja kondisi jalan, ada kesempatan maka orang bisa melanggar

  3. Bagus artikelnya, semoga menjadi bahan renungan bagi para pengguna jalan raya agar aman.Semoga berjaya dalam kontes, saya belum nulis je.salam hangat dari Surabaya

  4. choirul said:

    kalau di tempat saya banyak sekali yang ugal-ugalan. apalagi sopir bus umum tuh.. udah kayak pembalap ajasukses buat kompetisinya ya bu

  5. wah, lagi banyak ni yang pada ikut kontes..alhamdulillah kontes seperti ini sangat penting, saya dukung mbak agar da[et blackberry ^^b

  6. @ all: terimakasih atas dukungannya…^^ hanya sekedar belajar ikut kontes…^^

  7. tjahgoblog said:

    semoga…..menang,ayo kita berkompetisi secara sehat bu….salam kenal..🙂

  8. bijak berkendarasayangi diri kita dan sesama🙂

  9. @tjahgoblog: coba2 mas tjah..^^salam kenal juga@cucuharis: iya benar sayangi diri dan sesama mas..^^@blogkeluarga:ok mba heni..mkc yaaa,,,^^

  10. fitr4y said:

    semoga menang ya mbak .. salam 🙂

  11. kendaraan umum kayak angkot, kopaja, dkk emang ngeri kalo di jalanan apalagi bus-bus di jakarta,,serem rek.. :DGud luck lombanya mbak😀

  12. Put, tulisannya bagus deh, kayaknya bakal calon pemenang nih di kontes ini . Semoga makin banyak dr kita yg menyadari cara berkendara yg baik, dan tdk membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain salam

  13. elmoudy said:

    gw sangat hati-hati kalo berkendaraan ama keluarga…kalo sendirian agak ugal-ugalan…tp kalo udah bareng keluarga jadi beda aja🙂

  14. anny said:

    Yukk kita galakkan berkendara yang nyaman dan aman🙂

  15. sibair said:

    semoga banyak yang menjadi sadar setelah mmebaa tulisan ini sukses buat lombanya ya… saya juga pngn ikutan ini😀

  16. tulisannya bagus mbak, pembaca jadi mengerti tentang safety riding, karena berdasarkan pengalaman pribadi.Saya juga selalu mempersiapkan segala sesuatunya kalau membawa anak bepergian dengan naik kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: